Cara Membantu Seseorang Untuk Berhenti Merokok

Cara Membantu Seseorang Untuk Berhenti Merokok
Cara Membantu Seseorang Untuk Berhenti Merokok

Ingin membantu seseorang berhenti merokok? Kerabat, teman baik, saudara kandung, rekan kerja?

Banyak orang di sepatu Anda ingin tahu bagaimana membantu mereka berhenti merokok karena Anda peduli, dan Anda tidak ingin mereka terserang penyakit serius.

Selain itu, itu tidak "menarik" atau "seksi" seperti di tahun 40-an ketika Humphrey Bogart berdiri di bandara yang dipenuhi kabut dengan Ingrid Bergman, sebatang rokok menggantung di mulutnya.

Pertanyaan "bagaimana membantu seseorang berhenti merokok" lebih mudah ditanyakan daripada dijawab, karena distributor rokok medan terjangkau pada akhirnya, semua tergantung pada tekad perokok sendiri untuk berhenti merokok. Jika dia tidak siap, jika dia tidak berkomitmen, jika dia tidak yakin dan bertekad, atau jika dia tidak berpikir dia memiliki alasan yang baik untuk berhenti, itu tidak akan terjadi.

Hal pertama yang harus disadari adalah bahwa Anda tidak dapat memaksa seseorang untuk berhenti merokok. Sukses melibatkan memiliki pola pikir yang benar di awal. Jika Anda mencoba memaksa seseorang untuk berhenti merokok, upaya Anda akan menemui perlawanan. Jika Anda bersikeras, Anda akan menghadapi kemarahan mereka.

Ini cukup dilema. Anda ingin tahu cara membantu seseorang berhenti merokok, tetapi ia enggan menerima pentingnya berhenti. Beberapa orang berpikir kanker terjadi pada orang lain. Yang lain percaya mereka tidak bisa berhenti merokok, jadi mengapa mencoba.

Namun yang lain takut akan "rasa sakit" dan "penderitaan" yang diakibatkan oleh berhenti merokok ... saraf-saraf yang berjumbai, hasrat, kenaikan berat badan.

Pikirkan tentang itu. Jika seseorang mencoba membuat Anda berhenti minum soda atau kopi karena itu buruk bagi gula darah atau perut Anda, apakah Anda akan rela jika Anda kecanduan kafein? Anda mencoba untuk berhenti di masa lalu tetapi keinginan terlalu banyak untuk Anda. Anda telah memutuskan bahwa itu sepadan dengan risikonya, atau bahwa itu tidak akan terjadi pada Anda.

Ini mirip dengan perokok, meskipun bahayanya jauh lebih buruk. Bagi mereka, terus merokok tidak terlalu menyakitkan daripada berhenti jadi mereka mau mengambil risiko.

Apakah Anda benar-benar ingin tahu cara membantu seseorang untuk berhenti merokok?

Kuncinya adalah mencari tahu bagaimana membuat berhenti merokok tidak terlalu menyakitkan baginya, tetapi pertama-tama Anda harus meyakinkan individu tersebut untuk menerima tantangan itu.

Pertama, mari kita lihat keseluruhan proses merokok.

Merokok adalah tindakan emosional. Itu menenangkan sesuatu dalam diri individu. Tindakan sederhana dari meletakkan tangan ke mulut dan memberikan sesuatu untuk dipegang bibir akan kembali ke zaman pemberian susu botol.

Bagi orang yang suka makan, itu adalah makanan yang menenangkan energi saraf mereka. Perokok senang memiliki rokok untuk mengisi kebutuhan yang hilang.

Sebagai seorang anak, itu adalah makanan dan kesenangan menyusui. Tetapi apa yang membuat orang dewasa menginginkan tindakan yang sama? Apakah mereka merasa tidak dicintai? Apakah mereka merasa kekurangan dalam beberapa hal?

Itu kembali ke kebutuhan dasar manusia untuk pemenuhan dan kepuasan. Perasaan diri dan kenyamanan mengetahui bahwa kebutuhan itu dipenuhi oleh orang-orang penting dalam kehidupan mereka.

Jadi langkah pertama adalah menyadari bahwa Anda tidak dapat memaksa mereka untuk ingin berhenti. Entah mereka mau atau tidak, dan tidak ada yang bisa Anda lakukan tentang keputusan mereka. Jika mereka telah membuat komitmen, Anda dapat membantu seseorang berhenti merokok dengan menawarkan dukungan penuh Anda yang tidak menghakimi.

Itu berarti tidak memberi tahu mereka bahwa mereka "bodoh" atau "bodoh" jika mereka tidak berhenti. Berhati-hatilah dengan situasi mereka. Ingat, ini adalah kecanduan yang perlu dipatahkan, seperti pecandu narkoba atau pecandu alkohol untuk menghilangkan kecanduan mereka.

Jangan izinkan orang lain merokok di sekitar orang yang ingin Anda bantu berhenti merokok. Jangan bawa dia ke tempat yang mengizinkan merokok (yang jarang terjadi akhir-akhir ini). Jangan mendorong perilakunya. Jika dia meminta sebatang rokok, tolak dia, tidak peduli berapa banyak dia memohon. Cobalah untuk mengalihkan pikirannya dari itu.

Bekerja dengan orang itu untuk membantunya mengidentifikasi dengan tepat apa yang mungkin hilang dalam hidupnya yang diisi oleh rokok. Apa yang memicu dia untuk menyala? Bagaimana perasaannya? Apa yang dia alami sebelum menyala? Apakah dia gugup? Gelisah? Cemas? Kesepian? Bosan? Kesal?

Sekarang, ini mungkin sulit untuk diidentifikasi karena pada tahap ini, kebiasaan merokoknya mungkin telah menjadi kebiasaan sehingga dia tidak lagi mengerti mengapa dia merokok. Cobalah untuk membuatnya berpikir kembali ke hari-hari awal merokok. Apa yang dia alami dalam hidupnya saat itu?

Apakah dia mencoba menjadi salah satu dari kerumunan? Mencoba terlihat atau bertingkah dewasa? Apakah dia mulai karena orang tuanya merokok? Apakah dia baru saja menerima rokok pertama itu untuk percobaan dan ketagihan?

Buat dia berpikir ke depan untuk apa yang dia inginkan dari kehidupan. Bantu dia untuk menyadari bagaimana merokok dapat mengganggu rencana-rencana itu, apakah itu uang atau kehilangan kesehatan. Buat dia sadar bahwa alasan dia mulai merokok tidak lagi relevan.

Merokok sering merupakan penghilang stres, atau begitulah menurut perokok, padahal merokok justru membuat tubuh lebih stres. Salah satu obat terbaik adalah bernafas dalam, daripada menghirup nikotin, tar, dan bahan kimia mengerikan dan berbahaya lainnya. Latihan ini membantu memaksa paru-paru untuk mengeluarkan bahan kimia yang terkandung dalam sistemnya.

Dorong perokok untuk keluar dan berolahraga, terutama yang melibatkan pernapasan dalam. Mungkin berjalan, bersepeda, berenang, berlari / jogging, atau menghabiskan waktu di pusat kebugaran. Itu semua membantu.

Gangguan adalah cara terbaik untuk membantu seseorang berhenti merokok. Ketika mereka mendapat dorongan, berikan mereka sesuatu yang lain untuk dipikirkan atau dilakukan. Buat saran dari sesuatu yang bisa Anda lakukan sebagai gantinya. Bekerjalah dengan mereka dengan cara apa pun yang Anda bisa.

Ingatlah bahwa Anda tidak sendirian. Banyak orang ingin tahu bagaimana membantu seseorang berhenti merokok, dan mereka semua menghadapi perjuangan yang sama seperti Anda. Anda akan terus waspada untuk rokok berikutnya sehingga Anda dapat mencegatnya.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah membuat mereka sadar akan bahaya, jika mereka belum melakukannya. Ingatkan mereka bahwa mereka tidak kebal. Bantu mereka untuk menemukan tujuan hidup yang dapat diambil jika mereka tidak berhenti merokok.

Memiliki tujuan dan tekad yang kuat adalah persyaratan dasar bagi seseorang untuk berhenti merokok dengan sukses. Sampai mereka mapan, akan ada kemunduran. Akan ada saat-saat ketika orang itu hanya akan memutuskan, atau meyakinkan diri mereka sendiri, bahwa tidak apa-apa untuk merokok dan menipu diri mereka sendiri untuk percaya bahwa mereka dapat berhenti kapan saja.

Membantu dengan memperkuat kebenaran, tetapi jangan mengomel tentang hal itu. Hanya menawarkan pengingat yang lembut. Mereka kemungkinan besar akan menjadi sakit karena merokok - jika bukan karena kanker, maka dari beberapa kondisi yang mengancam jiwa yang mempengaruhi pernapasan, seperti emfisema. Hanya karena mereka mengalami kemunduran tidak selalu berarti mereka tidak serius untuk berhenti. Terkadang diperlukan beberapa upaya untuk memperbaikinya.

Ini adalah cara membantu seseorang berhenti merokok. Tawarkan dukungan ketika mereka sangat membutuhkannya. Tawarkan dorongan ketika tampaknya tepat. Carilah sumber daya apa pun yang terbukti membantu seseorang untuk berhenti merokok.

Ada beberapa program berhenti merokok yang sangat baik dan sangat efektif yang mengajarkan cara alami untuk berhenti merokok.

Jangan kehilangan kesabaran dengan calon yang bukan perokok. Mempelajari cara berhenti merokok hanyalah ... jalur pembelajaran. Bagi sebagian orang, ini dapat terjadi dengan cepat saat pertama kali mereka mencoba. Namun, bagi yang lain, akan lebih sulit. Saat itulah penting untuk mengingatkan mereka tentang tujuan mereka dan bahwa Anda ada di sana untuk membantu mereka berhenti merokok dengan cara apa pun yang Anda bisa.

Akhirnya, cari cara agar tidak merokok tidak terlalu menyakitkan. Bagaimana kamu melakukannya? Dengan menemukan dengan tepat apa yang berhasil. Pengganti untuk gerakan tangan / mulut diperlukan. Yang terbaik adalah segelas air. Solusi sederhana tetapi berhasil. Setiap kali keinginan mendera, seteguk air akan meredakan keinginan itu. Ini adalah cara lain untuk mengeluarkan bahan kimia jelek itu dari tubuh.

Namun, dalam kasus yang lebih parah, mereka mungkin membutuhkan pelega ringan untuk meredakan ketegangan. Ini akan memerlukan kunjungan ke dokter, tetapi yang terbaik adalah menghindari tambalan, gusi dan obat yang berhubungan dengan obat lain karena mereka memang memiliki efek samping.

Buat mereka tetap fokus pada tujuan mereka. Fokus bukan pada hal negatif dari merokok, tetapi pada sisi positif dari berhenti merokok. Ingatkan mereka betapa enaknya perasaan mereka - mereka akan bernafas lebih mudah, batuk mereka akan hilang, mereka akan berbau jauh lebih manis, mereka akan merasa lebih hidup dan bugar, mereka akan memiliki lebih banyak energi, pikiran mereka akan menjadi tidak memiliki batas dan sejernih kristal , mereka akan menghemat banyak uang, dan mereka bahkan bisa mendapatkan diskon pada asuransi mereka sebagai bukan perokok.

Mungkin salah satu hal terbaik yang dapat Anda ingatkan kepada mereka adalah bahwa bagian terburuk dari berhenti adalah 14 hari pertama. Beri tahu mereka untuk mengambilnya satu jam setiap kali, alih-alih selamanya. Taktik penundaan sangat efektif. Dengan menunggu satu jam lagi untuk menyala, mereka akan memberi diri mereka waktu untuk sibuk. Tak lama kemudian, mereka akan menyadari beberapa jam telah berlalu dan mereka bahkan belum berpikir untuk merokok.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pulau Abang Dan Nagoya Hill Batam Tempat Wisata Anda

Saran Membuat Liburan Anda di Goa Berkesan

Tips Menjual Rumah Anda Selama Liburan